Dalam perangkat jaringan komputer ada istilah yang dikenal dengan hub dan switch. Secara bentuk, kedua perangkat ini hampir terlihat sama, namun memiliki kinerja fungsi yang berbeda. Beberapa orang awam mengenal keduanya ini sama saja karena dilihat dari sisi bentuknya. Sama halnya ketika pertama kali saya dulu belum mengenal hub dan swicth, saya kira kedua alat ini sama. Namun, setelah praktek keduanyadan mencari referensi , ternyata hub dan switch ini berbeda. Sebelum mengenal lebih jauh 2 komponen jaringan ini, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa hub itu? dan apa switch itu?