8 HAL SOAL NGONTRAK DI AUSTRALIA

Опубликовано: 01 Сентябрь 2026
на канале: Jejak Merlin
585
30

8 hal yang perlu kalian ketahui sebelum ngontrak di Australia
Harus janjian dulu sebelum inspection gak bisa main asal datang aja untuk liat rumah/unit. Beda sama di Indonesia yang bisa asal dateng ngetok rumah kostan
Pas inspection perhatikan baik2 dan catat semua yg rusak biar nanti gak di minta ganti kalo rent habis dan mau move out. Kalo perlu foto bagian-bagian yang ada damagenya biar bisa jadi bukti diakhir kontrak
Sebelum bisa pindah ke unit/house kita wajib selesaikan pembayaran at least 2 minggu rent dan bond money yang setara dengan 4 minggu rent. Jadi siapin dana setara dengan 6 minggu biaya rent.
Bayar rent per minggu atau fortnightly tergantung dari isi kontrak bukan per bulan kayak di Indonesia
-- Gak bisa sembarangan bawa teman buat numpang nginap apalagi klo share house dan ada landlord dirumah yang sama. Kalo kalian sewa unit sendiri mungkin masih bisa sesekali tapi kalo nginap Permanent aturannya harus info ke agent atau landlord
Gak boleh maku di tembok atau gantung2 barang yang bakal berbekas di dinding. Termasuk coret-coretan didinding. Karena semua akan di cek kalo kita berencana keluar dari unit/rumah itu. Kalo sampai mereka harus cat lagi untuk fixing kerusakan yang kita buat, maka biaya akan ditanggungkan ke kita (bisa jadi bond money dipotong)
Setiap 3 bulan atau 6 bulan akan ada inspection dari agent/landlord untuk cek apakah kita merawat tempat mereka dengan baik dan terus menjaga kebersihan sekaligus cek kalau ada damage
Kalo ada barang yg rusak harus dilaporin untuk segera di maintenance. Untuk biaya tergantung case per case. Kalo rusaknya bukan karena keteledoran kita mereka bakal fix dan tanggung biaya itu tapi kalo barang rusak gara-gara keteledoran kita maka kita harus menanggung biaya maintenance